Khosama Media : MAKALAH YAUMUL JAZA

MAKALAH YAUMUL JAZA

 





KATA PENGANTAR

Segala puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan karunia-Nya penulis dapat menyusun makalah ini yang berjudul “YAUMUL JAZA” tepat pada waktunya.
Dalam penulisan makalah ini, penulis banyak memperoleh bantuan serta bimbingan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, penulis ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada :

1.      Uswatun Hasanah, SE Selaku Guru, serta pembimbing saya dalam menyelesaikan makalah ini.
2.      Kepada semua pihak yang telah membantu dan memberikan dukungan atas terselesaikannya makalah ini.

Semoga Allah selalu memberikan petunjuk kepada kita semua. Amin.
Dalam penulisan makalah ini, penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan dan kelemahannya. Oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan sarannya guna perbaikan dan penyempurnaan karya tulis ini kedepannya. Dan semoga karya tulis ini bermanfaaat bagi pembaca.


Penulis,


Indramayu, Agustus 2016




BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
Yaumul Jaza adalah hari pembalasan seluruh amal perbuatan manusia . Balasan yang akan di berikan Allah SWT sangat tergantung pada jenis amal yang telah di lakukan selama hidup di dunia.Jika amalnya baik,maka balasannnya berupa pahala dan surga,Sedangkan jika amalnya buruk,maka balasannya adalah siksa neraka. Oleh karena itu penulis akan menjelaskan sekilas tentang Yaumul Jaza.

1.2. RUMUSAN MASALAH
Dalam Pembahasan makalah ini, akan membahas tentang :
a.       Apa arti dari Yaumul Jaza itu ?
b.      Dalil – dalil apa saja yang berhubungan dengan Yaumul Jaza itu ?
c.       Nama – nama lain dari hari kiamat (Akhir)
d.      Pengertian dari nama – nama lain dari hari kiamat

1.3. TUJUAN PENULISAN
a.       Agar mengetahui arti dari Yaumul Jaza
b.      Agar mengetahui  dalil – dalil yang berhubungan dengan Yaumul Jaza
c.       Agar mengetahui nama – nama lain hari kiamat selain yaumul jaza
d.      Agar mengetahui arti dari nama – nama di hari kiamat




BAB II
PEMBAHASAN

2.1. PENGERTIAN
Apa itu Yaumul Jaza?
Yaumul Jaza adalah hari pembalasan seluruh amal perbuatan manusia .Balasan yang akan di berikan Allah SWT sangat tergantung pada jenis amal yang telah di lakukan selama hidup di dunia.

Sebagai umat Muslim, Sudah seharusnya untuk meyakini adanya hari akhir atau kiamat. Hidup di dunia ini hanya sementara saja, sementara ada akhirat sebagai pembalasan atas kehidupan di kehidupan dunia.

Secara garis besar, Yaumul Jaza adalah hari dimana seluruh umat manusia mendapatkan balasan atas perbuatannya di dunia. Balasan yang akan diperoleh manusia tergantung dari amalan yang sudah di kumpulkan di dunia. Jika manusia tersebut beramal baik selama hidup di dunia, maka surga adalah balasannya. Akan tetapi jika manusia beramal buruk maka neraka dan siksaan adalah balasannya.

2.2. DALIL TENTANG YAUMUL JAZA
Dari Pengertian Yaumul Jaza di atas, telah di jelaskan pula oleh Allah SWT. Dalam Al – Qur'an Surat Al-Mu’min Ayat 17
الْيَوْمَ تُجْزَىٰ كُلُّ نَفْسٍ بِمَا كَسَبَتْ ۚ لَا ظُلْمَ الْيَوْمَ ۚ إِنَّ اللَّهَ سَرِيعُ الْحِسَابِ
Pada hari ini tiap-tiap jiwa diberi balasan dengan apa yang diusahakannya. Tidak ada yang dirugikan pada hari ini. Sesungguhnya Allah amat cepat hisabnya. (QS. Al-Mu’min : 17)

Dan Bukti adanya hari Pembalasan juga telah di jelaskan dalam Firman Allah dalam Surat Al – Zalzalah Ayat 1 – 8 :

إِذَا زُلْزِلَتِ الأرْضُ زِلْزَالَهَا  (١)
وَأَخْرَجَتِ الأرْضُ أَثْقَالَهَا  (٢)
وَقَالَ الإنْسَانُ مَا لَهَا  (٣)
يَوْمَئِذٍ تُحَدِّثُ أَخْبَارَهَا  (٤)
بِأَنَّ رَبَّكَ أَوْحَى لَهَا  (٥)
يَوْمَئِذٍ يَصْدُرُ النَّاسُ أَشْتَاتًا لِيُرَوْا أَعْمَالَهُمْ  (٦)
فَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ  (٧)
وَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُ  (٨)

Artinya:
1. apabila bumi digoncangkan dengan goncangan (yang dahsyat),
2. dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya,
3. dan manusia bertanya: "Mengapa bumi (menjadi begini)?",
4. pada hari itu bumi menceritakan beritanya,
5. karena Sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) kepadanya.
6. pada hari itu manusia ke luar dari kuburnya dalam Keadaan bermacam-macam, supaya diperlihatkan kepada mereka (balasan) pekerjaan mereka[1596],
7. Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya Dia akan melihat (balasan)nya.
8. dan Barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya Dia akan melihat (balasan)nya pula.
Dari dalil – dalil yang di jelaskan di atas telah membuktikan bahwa kehidupan di hari kiamat itu benar – benar ada.

2.3. NAMA – NAMA LAIN DARI HARI KIAMAT
1.      Hari Kebangkitan Besar (Yaumul Qiyamah)
Hari kiamat adalah hari berakhirnya kehidupan dunia yang di tandai dengan hancurnya seluruh makhluk yang telah di ciptakan Allah

2.      Hari Pemisah (Yaumul Fashl)
Hari kiamat juga di sebut dengan yaumul fashl ,yang artinya pemisah antara orang yang beriman dengan orang kafir.Pada hari itu manusia di kelompokkan menurut keyakinan agamanya.

3.      Hari Perhitungan (Yaumul hisab)
Yaumul Hisan adalah nama lain hari kiamat yang berarti hari perhitungan seluruh amal perbuatan manusia.Pada hari itu ,amal manusia di hitung dengan cermat dan cepat serta di berikan balasan yang setimpal.

4.      Hari Pertemuan (Yaumul Thalaq)
Yaumul thalaq yaitu hari pertemuan manusia dengan sesamanya

5.      Hari berkumpul (Yaumul Jam`i)
Yaumul Jam`i adalah hari berkumpulnya seluruh manusia sejak zaman Nabi Adam sampai dengan manusia akhir Zaman untuk di tanyakan seluruh amal perbuatannya selama hidup di dunia.

6.      Hari Berkumpul (Yaumul Mahsyar)
Yaumul Mahsyar adalah hari saat manusia di kumpulkan di padang rumput mahsyar.Padang Mahsyar adalh daratan yang sangat luas tempat berkumpulnya manusia di akhirat sejak Nabi Adam sebagai manusia yang pertama sampai manusia terakhir yang lahir ke dunia.

7.      Hari Kebangkitan (Yaumul Ba`ats)
Yaumul Ba`ats adalah hari saat manusia di bangkitan dari kuburnya.Mahsyar adalah padang yang luas tempat berkumpulnya manusia setelah Yaumul Ba`ats.

8.      Hari Perhitungan  (Yaumul Hisab )
Yaumul Hisab adalah hari saat datangnya perhitungan dari Allah SWT terhadap amal perbuatan manusia selama hidupnya.Perbuatan manusia akan di tanyakan oleh allah ,yang baik maupun yang buruk ,di perlihat kan semua .

9.      Hari pertimbangan amal (Yaumul Mizan)
Yaumul Mizan adalah hari diadakannya timbangan amal perbuatan yang telah di lakukan manusia selama hidup di dunia.Tidak ada suatu amalpun yang terlewatkan .Semua akan di berikan balasan yang setimpal.

10.  Hari Pembalasan (Yaumul Jaza )
Hari kiamat adalah hari pembalasan seluruh amal perbuatan manusia .Balasan yang akan di berikan Allah SWT sangat tergantung pada jenis amal yang telah di lakukan selama hidup di dunia.Jika amalnya baik,maka balasannnya berupa pahala dan surga,Sedangkan jika amalnya buruk,maka balasannya adalah siksa neraka.

11.  Hari yang menentukan (As-Sa`ah)
Hari kiamat adalah hari yang tepat dan menentukan.Terjadinya kiamat merupakan saat yang telah di rancang dan ditentukan secara akurat.Tidak akan ada kesalahan,tidak akan di mundurkan atau di majukan.Saat terjadinya telah ditentukan menurut kehendak Allah yang mengusai alam ini.

12.  Hari pembalasan Agama (Yaumul Diin)
Hari kiamat adalah hari pembalasan Agama.Artinya amal perbuatan yang berkaitan dengan pengamalan agamanya akan di pertangunggjawabkan pada hari tersebut.Termasuk amal shalat,puasa ,haji,zakat,shadaqah dan sebagainya.





BAB III
PENUTUP

A.   KESIMPULAN
Hari Pembalasan (Yaumul Jaza )
Hari kiamat adalah hari pembalasan seluruh amal perbuatan manusia .Balasan yang akan di berikan Allah SWT sangat tergantung pada jenis amal yang telah di lakukan selama hidup di dunia.Jika amalnya baik,maka balasannnya berupa pahala dan surga,Sedangkan jika amalnya buruk,maka balasannya adalah siksa neraka.

Seluruh Umat manusia harus menyakini dan percaya bahwa setiap yang kita lakukan semasa hidup di dunia akan ada pembalasannya kelak di hari kiamat yaitu hari Pembalasan (Yaumul Jaza)

B.    SARAN
Pembuatan makalah ini sangat jauh dari kesempurnaan, karena keterbatasan sumber yang kami peroleh. Sehingga isi dari makalah ini masih bersifat umum, oleh karena itu kami harapkan agar pembaca bisa mecari sumber yang lain guna membandingkan dengan pembahasan yang kami buat, guna mengoreksi bila terjadi kelasahan dalam pembuatan makalah ini.



DAFTAR PUSTAKA

Khosama.blogspot.com

http://cekpengertian.blogspot.com/2016/02/pengertian-yaumul-jaza.html

No comments:

Berkomentarlah sesuai dengan Pembahasan diatas. Apabila berkomentar dengan menggunakan bahasa yang tidak sopan, akan kami anggap spam dan komentar akan kami hapus.